Thursday, October 19, 2006

Batu Atau Beling?

Sesuai dengan hukum Ekonomi , semakin banyak permintaan semakin tinggi harga..., banyak orang yang mencoba untuk menciptakan batu batu buatan yang kadar kemiripannya secara visual sampai 90 % mirip. Mungkin sudah jadi kelaziman , hampir tiap kolektor pernah mengalami tertipu dengan membeli barang jadi jadian atu batu tiruan tersebut pada masa masa awal jadi kolektor.
Istilah yang umum dipakai di kalangan perbatuan untuk barang jadi jadian tersebut adalah OBSIDIAN , yang bahan utamanya adalah kaca yang dengan proses tertentu menjadi sangat bagus warna dan sinarnya.Walaupun kalo merujuk ke istilah geologi, Obsidian adalah hasil pemanasan magma yang berupa Volcanic Silika Glass. Tapi sekarang semua batu tiruan yang berasal dari bahan dasar kaca disebut OBSIDIAN.

OBSIDIAN ASLI (VOLCANIC SILIKA GLASS)



OBSIDIAN TIRUAN ( KACA )

Batu mulia yang banyak dipalsukan karena harganya tinggi , terutama adalah Safir, Ruby, Kecubung, Topaz karena orang suka dengan keindahan warnanya.

Bagaimana cara membedakannya?

Berdasarkan pengalaman pribadi simbah, sangat sulit untuk membedakan harus menggunakan alat bantu kaca pembesar , keterampilan , dan pemahaman akan serat batu, dan itu bisa didapat dengan bergaul rapat dengan batu, mungkin juga ditambah dengan unsur feeling.

Maka berhati hatilah kalau membeli batu , ada baiknya minta saran pada kolektor atau teman yang sudah cukup mengerti batu , sebelum membeli batu apalagi kalau berharga sangat tinggi.

Segini dulu ya , mbah mau pulang mudik ni......

2 Comments:

At 01 April, 2015, Blogger Sabila Mayangsari said...

mantap om
http://batuakiik.blogspot.com/2015/03/cara-memilih-bahan-batu-akik-yag-bagus.html

 
At 21 June, 2015, Blogger Seo Ninja said...

your article is this very helpful thanks for sharing..............:)


 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home